Sertifikasi ISO 37001

Sertifikasi ISO 37001

Badan Sertifikasi ISO di Indonesia – Permasalahan tentang suap dan korupsi serta sogok menyogok di indonesia merupakan satu masalah yang tengah dihadapi bangsa ini dan sepertinya masalah ini tidak akan pernah habis. Apabila kita melihat informasi berita di televisi swasta maupun televisi nasional akan selalu ada berita tentang masalah korupsi. Masalah korupsi tidak hanya terjadi di indonesia akan tetapi sudah menjadi masalah mendunia dan terjadi dibanyak negara. Berdasarkan informasi dari bank dunia, lebih dari USD 1 Triliun terjadi transaksi suap dan korupsi dengan adanya masalah ini tentu dapat mengganggu stabilitas politik di negara yang dilanda korupsi, biaya bisnis otomatis akan meningkat dan menambah angka kemiskinan pada sebuah negara.

ISO menilai bahwa praktek korupsi dan suap ini merupakan sebuah masalah global yang dapat merusak dan merupakan satu masalah yang sangat kompleks. Maka dari itu di tanggal 14 oktober 2016 lalu organisasi internasional ISO telah menerbitkan ISO 37001:2016. ISO 37001 ini merupakan sebuah sistem manajemen anti penyuapan yang di desain agar dapat membantu sebuah organisasi dan perusahaan didalam menetapkan, menerapkan, memelihara serta meningkatkan program kepatuhan anti suap.

Yang bisa menggunakan ISO 37001

ISO 37001 merupakan tools yang fleksibel, bisa digunakan setiap organisasi tanpa melihat besar dan kecilnya organisasi tersebut, baik sektor swasta, pemerintah bahkan dapat digunakan oleh organisasi non profit. ISO 37001 bisa disesuaikan, tanpa melihat ukuran serta sifat organisasi serta resiko penyuapan yang dihadapi. Dengan mengantongi sertifikat ISO 37001 bukan berarti di satu organisasi akan terbebas dari masalah suap dan korupsi, namun kepatuhan terhadap standar bisa mengarahkan dan memberikan petunjuk serta memberikan langkah tepat yang bisa diambil sebuah organisasi didalam melakukan pencegahan terhadap suap dan korupsi.

Tujuan ISO 37001

ISO 37001 didesain agar dapat membantu perusahaan dan organisasi didalam mengimplementasikan sistem manajemen anti suap dan korupsi. Pada standar ISO 37001 sudah ditentukan langkah yang bisa diterapkan sebuah organisasi didalam melakukan pencegahan, pendeteksian serta menangani kasus suap dan korupsi. Standar ini juga akan memberikan bimbingan yang berkaitan terhadap pelaksanaan atau penerapannya.

Badan Sertifikasi ISO 37001

Keuntungan yang didapat oleh organisasi yang menerapkan ISO 37001

  • Bagi organisasi dan perusahaan yang menerapkan sistem manajemen anti suap ISO 37001 akan sangat bermanfaat dan membantu didalam meningkatkan kontrol yang ada.
  • Dengan menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen anti suap bisa memberikan jaminan ke pihak manajemen dan pemilik, para donatur, pelanggan serta partner bisnis. Dengan demikian dapat menjelaskan bahwa organisasi sudah menjalankan sistem praktek kontrol anti suap dan korupsi dengan baik dan sudah diakui secara internasional.
  • Pada saat investigasi atau penyelidikan kasus suap dan korupsi, organisasi dapat membantu dengan mudah didalam memberikan bukti ke pengadilan dan jaksa serta bisa menjelaskan bahwa organisasi sudah mengambil langkah preventif didalam mencegah aksi penyuapan dan korupsi.

Beberapa langkah implementasi ISO 37001

Berikut beberapa cara penerapan dan implementasi sistem manajemen anti suap ISO 37001 diantaranya sebagai berikut :

  • Komitmen dari top manajemen
  • Penunjukan langsung pengawas anti korupsi dan anti suap
  • Kebijakan anti suap, prosedur serta pengendalian
  • Pelatihan dan training anti suap untuk semua pihak yang terkait
  • Melakukan penilaian resiko suap dan korupsi di semua aktifitas dan kegiatan
    Monitoring, laporan, penyelidikan dan ulasan
  • Melakukan perbaikan secara berkesinambungan dan kontinyu

Terlepas dari berbagai macam jenis organisasi dan perusahaan, mempunyai sertifikat ISO 37001 ataupun tidak. Implementasi sistem manajemen anti suap ISO 37001 di dalam kegiatan operasional perusahaan dan organisasi sehari – hari akan menjadi sebuah kewajiban dan keharusan. Top manajemen harus dapat menjamin organisasinya bisa berjalan secara terus menerus. Oleh karena itu analisa risiko terhadap munculnya praktek suap dan korupsi sudah menjadi kebutuhan dan keharusan di sebuah organisasi untuk sekarang.

Silahkan isi form dibawah ini
  1. (wajib diisi)
  2. (isi dengan alamat email valid)
  3. (wajib diisi)
 

Jasa Sertifikasi ISO