Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001:2015 – Sertifikasi sistem Manajemen Mutu

Badan Sertifikasi ISO 9001 – ISO 9001 merupakan salah satu standar internasional bidang sistem manajemen mutu. Organisasi ataupun perusahaan yang telah mendapatkan akreditasi ISO dari lembaga independen atau dikenal dengan badan sertifikasi  berarti telah memenuhi persyaratan internasional di bidang manajemen penjaminan mutu produk atau jasa yang di hasilkan organisasi ataupun perusahaan tersebut.

Sistem manajemen mengacu kepada kegiatan organisasi yang dilakukan didalam melaksanakan kegiatan proses sehingga jasa atau produk yang dihasilkan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan sendiri, seperti sudah memenuhi persyaratan kualitas untuk pelanggan, sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tujuan lingkungan.

Seperti telah disebutkan diatas bahwa sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas atau mutu, ISO 9001:2015 telah menetapkan syarat – syarat dan penilaian tujuannya ialah agar dapat menjamin bahwa organisasi maupun perusahaan mampu memberikan produk barang atau jasa yang dihasilkan dan sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh badan dunia yaitu BADAN ISO.

Apabila sebuah organisasi atau perusahaan telah lulus audit dan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 menandakan bahwa perusahaan dan organisasinya sudah memenuhi syarat – syarat dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yang sudah di tetapkan. Dengan demikian organisasi dan perusahaan tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan secara spesifik dari pelanggan serta bertanggung jawab agar dapat menjamin kualitas dari produk yang dihasilkan oleh organisasi dan perusahaan atau juga merupakan kebutuhan dan permintaan dari pasar tertentu sebagaimana telah di tentukan oleh organisasi dan perusahaan tersebut.

Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 bukanlah suatu standar dalam membuat sebuah produk, karena tidak menyatakan syarat – syarat yang harus di penuhi oleh produk barang maupun jasa. Tidak ada kriteria khusus dalam penerimaan produk di dalam klausul sertifikat ISO 9001, sehingga tidak dapat menginspeksi sebuah produk terhadap suatu standar produk.

Sertifikasi ISO 9001 merupakan satu standar sistem manajemen mutu, apabila suatu organisasi dan perusahaan yang menginformasikan bahwa produknya sudah memenuhi standar internasional hal tersebut salah paham dan keliru karena manajemen organisasi atau perusahaan hanya bisa menginformasikan bahwa sistem manajemen kualitasnya lah yang sudah memenuhi standar internasional, bukan dari produknya yang berstandar internasional. Mengapa demikian? Karena tidak ada kriteria pengujian produk dalam ISO 9001. Dengan demikian diharapkan produk yang dihasilkan dari satu sertifikasi sistem manajemen mutu kualitas internasional akan berkualitas baik dan juga memenuhi harapan pelanggan.

Syarat serta rekomendasi di dalam sistem manajemen mutu ISO 9001 diimplementasikan pada manajemen organisasi ataupun perusahaan yang memasok produk diharapkan dapat mempengaruhi bagaimana produk tersebut di desain, di produksi, di rakit serta ditawarkan.

Persyaratan Standar dari Sistem Manajemen mutu Sertifikasi ISO 9001:2015
Oleh karena sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 merupakan sebuah sistem yang fokus pada proses dan pelanggan, maka pemahaman terhadap persyaratan – persyaratan standar dari Sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan membantu manajemen organisasi dalam menetapkan dan mengembangkan sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas secara sistematik untuk memenuhi kepuasan pelanggan (customers satisfaction) dan peningkatan proses terus menerus (continual processes improvement). Interpretasi terhadap persyaratan standar Sertifikasi ISO 9001:2015 .

Silahkan isi form dibawah ini
  1. (wajib diisi)
  2. (isi dengan alamat email valid)
  3. (wajib diisi)
 

Jasa Sertifikasi ISO

Whatsapp kami