cara mendapatkan sertifikasi ISO 9001

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Langkah – langkah mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 – ISO 9001 merupakan satu standar sistem manajemen mutu, sistem ini telah diakui secara internasional. ISO 9001:2015 telah menjadi acuan untuk sistem manajemen mutu (quality management system) yang sudah terbit dan lebih dari satu juta penggunaannya di seluruh dunia. Dengan menerapkan sistem ini dapat menjamin kesesuaian dari sebuah proses atau produk terhadap kebutuhan tertentu dan ini sangat penting bagi perusahaan dan organisasi. Dengan adanya sistem ini bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui pemenuhan kebutuhan dan syarat proses maupun produk yang telah ditentukan oleh organisasi.

Manfaat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

  • Sistem terdokumentasi dengan baik
  • Jaminan kualitas produk
  • Dapat meningkatkan produktivitas organisasi
  • Dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan
  • Dapat meningkatkan komunikasi di internal perusahaan
  • Dapat meningkatkan moral, motivasi dan kinerja karyawan
  • Dapat menjadi alat analisa kompetitor bagi perusahaan
  • Dapat meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan dengan para pemasok
  • Dapat meningkatkan efisiensi biaya serta keamanan produk
  • Dapat meningkatkan image yang baik bagi perusahaan

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001 ini tentu ada proses dan tahapan yang dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Persiapan

Biasanya badan sertifikasi ISO yang sudah anda pilih akan memberitahukan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan.

Aplikasi

Biasanya badan sertifikasi akan menunjuk satu orang lead assessor, bertugas untuk menganalisa manajemen organisasi dan perusahaan, selama ada disana anda bebas bertanya apa saja terkait ISO 9001. Namun banyak juga perusahaan dan organisasi memilih pre-assessment, ini tidak wajib tapi opsional. Dengan melakukan pre-assessment ini perusahaan dan organisasi dapat melakukan tinjauan tentang situasi terbaru dari organisasi dan perusahaan sehingga dapat menemukan bagian mana yang harus dilakukan tindakan perbaikan.

cara meraih sertifikasi ISO 9001 2015

Baca Juga : Dokumen Wajib ISO 9001

Initial Assessment atau Stage 1

Di tahap ini organisasi akan mendapatkan laporan dari lead auditor tentang adanya permasalahan yang harus segera diperbaiki. Hal ini penting agar sistem manajemen mutu yang di terapkan di perusahaan dapat memenuhi persyaratan assessment.

Initial Assessment atau Stage 2

Lead assessor akan memberitahukan dan menginformasikan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi mengenai rekomendasi sertifikasi ISO.

Registrasi dan Sertifikasi

Setelah mendapatkan rekomendasi maka akan ditinjau oleh badan sertifikasi apakah disetujui atau tidak. Apabila sesuai dengan persyaratan maka sertifikat ISO 9001 akan segera dikeluarkan dan dikirimkan ke organisasi dan perusahaan.

Assessment lanjutan

Di saat organisasi dan perusahaan sudah mengantongi sertifikat ISO 9001 tugas lead assessor akan terus mendampingi dan memberikan laporan tiap tahun sekali, hal ini untuk memastikan perusahaan konsisten didalam menjaga persyaratan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat