Dokumen Wajib ISO 9001:2015

Dokumen Wajib ISO 9001:2015

Badan Sertifikasi ISO 9001 – Didalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dibutuhkan beberapa dokumen persyaratan yang harus dibuat dan dimiliki oleh organisasi dan perusahaan. Hal ini diperlukan karena sebagai salah satu syarat proses audit.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa daftar dokumen yang wajib dimiliki dan harus ada untuk penerapan ISO 9001

  1. Kebijakan Mutu
    Dokumen pertama yang harus dibuat ialah kebijakan mutu. Kebijakan mutu ini merupakan dokumen yang berisi tentang kebijakan manajemen terhadap mutu. Kebijakan mutu suatu dokumen isinya hampir sama dengan visi dan misi.
  1. Sasaran Mutu
    Sasaran mutu atau target dari tiap unit kerja merupakan dokumen kedua yang harus dibuat setelah kebijakan mutu. Sasaran mutu ini harus terukur dan dimonitoring secara berkala, sasaran mutu biasa dikenal juga dengan istilah Key Performance Indicator (KPI)
  1. Ruang Lingkup
    Harus ada dokumen yang menyatakan ruang lingkup penerapan sistem manajemen mutu
  2. Rekaman Kalibrasi (Calibration): Bukti kalibrasi atau verifikasi alat ukurharus tersedia (klausul 1.5.2)
  3. Rekaman Kompetensi: Dokumen yang menunjukkan bukti kompetensi personil(klausul 2)
  4. Review order dan Perubahan order: Bukti review orderatau perubahan order harus ada. Ketika order diterima, order tersebut harus direview untuk menilai order dapat dipenuhi atau tidak dokumen ini biasanya terdapat di bagian sales ataumarketing. Bukti review order bisa dalam bentuk notulen rapat atau tanda tangan yang berwenang dalam dokumen order(klausul 8.2.3)
  5. Bukti seleksi dan evaluasi supplier: Dokumen yang menunjukkan bahwa seleksi dan evaluasi suppliertelah dilakukan (klausul 8.4.1).
  6. Kepuasan pelanggan: Bukti survey kepuasan pelanggan telah dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap output perusahaan.
  7. Internal Audit : Tersedianya laporan audit yang memuat perbaikan dari hasil temuan audit yang terdokumentasi. (klausul :9.2)
  8. Manajemen review : Bukti tinjauan manajemen telah dilakukan harus bisa ditunjukan sebagai bukti bahwa manajemen puncak mereview dan selalu mengikuti perkembangan sistem manajemen mutu yang ada di perusahaan. (klasul 9.3)

Demikianlah sedikit informasi mengenai Dokumen Wajib ISO 9001:2015 di Organisasi, Beberapa dokumen diatas belum termasuk semua dokumen yang diwajibkan dan dibutuhkan didalam standar ISO 9001:2015, dapat lebih banyak lagi sesuai pendalaman di tiap klausul ISO.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *